Kamis, 19 Februari 2009

MENAWAR

Tips Cara Berbelanja Saat Berlibur

Liburan memang sebuah waktu yang sangat menyenangkan. Terlebih lagi jika dalam liburan tersebut kita berjalan-jalan cuci mata sambil berbelanja. Memang, biasanya liburan identik dengan yang namanya belanja. Akan tetapi hal yang sederhana ini pun juga membutuhkan beberapa taktik khusus. Hal ini dimaksudkan agar setelah kita berbelanja, kita akan menyesal dikemudian hari.

Berikut ini beberapa tips yang berguna bagi yang mempunyai hobi berbelanja.

Yang harus dilakukan saat menawar
- Pertama, lakukan pengamatan diberbagai macam tempat belanja. Bisa jadi barang yang Anda sukai itu juga dijual di tempat lain dengan harga yang jauh lebih murah.

- Kedua, cobalah untuk berbicara dengan si penjual dengan bahasa lokal penduduk kota atau negara tersebut. Siapa tahu si penjual akan memberikan harga yang lumayan murah.

- Ketiga, sediakan waktu yang cukup untuk berbelanja. Karena kadang-kadang dibutuh waktu yang cukup lama untuk menawar barang yang kita ingini.

Sedangkan yang sebaiknya jangan dilakukan saat menawar
- Pertama, jangan bersikap kasar pada penjualnya walaupun dia memberikan harga yang tidak masuk diakal.

- Kedua, jangan membuka konfrontasi dalam menawar. Sebab tawar menawar itu lebih pada keadaan saling membutuhkan dan mencapai hasil yang sama-sama memuaskan.

- Ketiga, jangan menawar barang dengan harga yang tidak masuk akal. Bisa-bisa si penjual akan merasa tersinggung.

- Keempat, jangan menunjukkan bahwa Anda betul-betul menyukai barang tersebut. Tunjukkan saja, jika Anda suka dan akan membeli jika harganya cocok.

Sumber: www.indosiar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar